Cara Menentukan Konten Blog Menarik Bagi Pemula


Menentukan konten blog yang menarik bagi seorang blogger pemula adalah sebuah jalan rumit dan berliku. Bagaimana tidak, hal tersebut merupakan penentu bagaimana blog anda akan berkembang kedepannya. Sebelum anda membuat blog atau anda yang masih newbie dalam blogging, masalah konten adalah salah satu masalah yang akan dan harus ada alami sebagai seorang blogger.

Setelah anda berhasil membuat sebuah blog, berbagai pertanyaan mulai muncul di kepala anda. Apakan anda akan membangun blog Niche atau blog Gado-Gado?... Apakah anda akan berkarya sebagai blog orisinil atau seorang blogger copy paste?... itu adalah sebuah pilihan yang disetiap waktu memiliki masalahnya sendiri.

Sebagai pembuat blog niche merupakan sebuah jalan dengan tembok besar menghadang didepan, anda akan tiba dimasa anda mulai kebingungan soal menemukan ide. Demikian juga blog gado-gado juga pada umumnya akan tiba juga dimana akan kesulitan dalam pengembangannya. karena masalah terbesar dalam blogging adalah bagaimana membuat artikel yang menarik bagi pembaca dan apakah artikel tersebut berpotensi untuk dibagikan kebanyak orang.

Menciptakan sebuah konten yang menarik untuk dibaca oleh banyak orang bukanlah sebuah kebetulan. Ketika anda melihat ada konten yang dibaca oleh banyak orang dan dibagikan ke pembaca lainnya, tentunya artikel ataupun konten tersebut terdapat sebuah strategi, riset, sehingga artikel tersebut menghasilkan sebuah solusi dan sebuah jawaban dari sebuah pertanyaan publik yang ada.

Pada akhirnya blogging bukan tentang apa blogmu, tapi tentang apa yang anda tulis.
Ini tentang anda... apa yang perlu anda tulis untuk dibagikan yang menarik pembaca dan membukanya dan membuat pembaca membawa pembaca yang lebih banyak. Bagaimana anda melakukannya?... jawabannya sederhana, yaitu anda memberikan sesuatu yang tidak mereka temukan di tempat lain. Blog anda adalah sesuatu tentang anda, pengalaman, harapan, impian, jawaban. Semua itu anda rangkai dalam sebuah tulisan yang rapi setiap anda menekan publish.

Nah inilah cara anda akan melakukannya...

1. Jadikan Blog Sebagai Cerminan Anda

Sederhananya ketika blog anda adalah diri anda sendiri, apakah anda akan kesulitan dalam berjalan? ketika hal tersebut memang sudah menjadi kebiasaan anda sehari-hari.
Munculkan ide-ide dari masalah yang anda hadapi. Ketika anda duduk untuk menulis, itu harus tentang topik yang menarik dan penting bagi anda. Terlepas dari apakah anda itu blog fotografi, kesehatan, teknologi, atau kuliner. Anda harus tetap setia tentang siapa anda. Hindari fokus pada topik hanya karena populer atau akan membantu anda mendapatkan lalu lintas di mesin pencari.
percayalah ketika anda melakukan hal yang menyenangkan itu akan membuat anda tidak terhentikan.

2. Tulislah Secara Natural

Rasakan apa yang anda tulis, detailnya tidak harus lucu. akan ada keindahan didalamnya.
Ketika apa yang anda tulis dapat disampaikan dengan rasa, maka pesan akan tersampaikan lebih mudah dan menarik bagi pembaca. Buka fikiran anda. sampaikan tentang apa yang anda tulis. Apakah itu memiliki aroma, rasa, kenangan didalamnya. Setiap kata yang anda tulis hanya lah sebuah huruf yang tersusun dalam kalimat jika anda tidak menemukan cara menghirup kehidupan didalamnya.

3. Jangan Berkecil Hati

Ketika blog anda berisi tentang anda, akan ada rasa bangga paling tidak sebuah kenangan yang tersimpan selamanya didokumentasikan di komputer anda yang mungkin telah dilupakan.
Nah apalagi yang membuat anda berkecil hati?...
Ketika anda menulis dengan sepenuh hati apakah layak bagi anda untuk berkecil hati?...
Yang layak ada adalah rasa percaya diri bahwa yang kamu tulis adalah benar dan tiba masa dimana orang akan sependapat dengan anda sehingga tulisan anda akan tersebar luas ke banyak orang.

Ada banyak orang dengan tujuan berbeda membangun sebuah blog. Blog sebagai jalan usaha dalam menghasilkan pendapatan bukanlah sebuah kesalahan, karena terkadang anda perlu sesuatu yang membuat anda tetap bertahan. Tapi hal yang perlu anda tanamkan adalah lakukan sesuatu yang anda bahagia melakukannya dan buatlah pembaca anda bahagia membacanya. Jangan anda pedulikan seandainya anda belum mendapatkan apa-apa. Anda harus punya keyakinan kuat dan tetap disiplin, dengan satu saja pembaca yang bahagia itulah awal segalanya.



Terima kasih sudah memabaca :)











Comments