"Moba Kok Analog?" Jawab Moba Kok Tab-tab

"Moba kok analog?" Sebuah guyonan yang akan sering kamu dengar ketika membahas game berbasis smartphone. Perkembangan dunia game dihalayak pecinta game smartphone (android/ios) tidak bisa di tepis lagi bahwa perkembangannya sangat pesat.
Satu demi satu game berbasis android terus bermunculan baik yang online maupun offline, namun yang menjadi pusat perhatian adalah game android moba (Multiplayer online battle arena) kita sebut salah satunya game mobile legends. (Uuuuuuu dalam hati penggemar moba lainnya)😂



Bukan bermaksud rasis penggemar game smartphone di tahun 2017 luar biasa besar misalnya saja game Mobile Legends : Bang Bang menduduki peringkat teratas di playstore hingga kini tahun 2018. Menjadi game yang bisa dimainkan oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menjadi salah satu kunci sehingga mobile legends tetap menjadi populer hingga sekarang.


Kata "moba kok analog?" beberapa tahun kedepan mungkin akan berubah menjadi "moba kok tab-tab?"... dikarnakan kemudahan dalam bermain, game berbasis smartphone bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja tentu menjadi sebuah alasan yang wajar, dan kalau ditanya ke orang-orang kenapa milih moba analog? Jawabannya "ya enak dimainkan kapan saja".

Waktu demi waktu game yang terkenal dikalangan anak warnet juga mulai bermunculan di smartphone (android/ios) seperti game PUBG yang awalnya dimainkan di kalangan tab-tab tiba2 muncul versi analognya di smartphone.
Berikutnya game Game Dragon Nest yang biasa dimainkan di basis komputer sekarang malah ada versi mobile nya jadi versi analog.


Faktanya produsen game terkenal menyadari bahwa game versi smartphone akan menjadi sebuah bisnis game yang menghasilkan bagi produsen-produsen game. Game-game dengan grafis yang tinggi juga lama kelamaan akan didukung dengan munculnya smartphone-smartphone dengan spesifikasi tinggi demi kenyamanan dalam bermain game. Contohnya saja seperti Razer yang dikenal sebagai produsen produk yanh mendukung untuk komputer tahun lalu malah merilis razer phone buat pecinta game mobile.


PC dan Smartphone (android/ios) bukanlah sebuah mesin game yang sempurna. Masing masing punya kekurangan den kelebihannya, kata-kata moba kok analog menunjukkan bahwa ada beberapa kalangan pecinta game di indonesia, masing-masing orang berhak memilih cara bermain game yang di sukainya. Nah ketika ditanya "moba kok analog? Ya jawab aja "moba kok tab-tab?" Mau dibilang moba analog banyak bocahnya tapi itulah kenyataannya karena anak-anak sekarang rata2 udah punya smartphone di usia yang masih muda. Yang namanya game ya cukup dinikamati saja dengan hiasan bacot dimana-mana. 😉

Terima kasih sudah membaca
salam gamer indonesia 🤗
Salam analog 😆

Comments

Post a Comment