Cara Membuat Postingan Blog Agar Mendapat Traffic


Traffic atau lalu lintas blog sudah menjadi kebutuhan yang mendarah daging bagi sebuah blog. Namun kenyataannya tidak semua blog dapat memenuhi kebutuhannya tersebut.
kebutuhan akan traffic yang terus naik menjadi sebuah semangat bagi seorang blogger, untuk mencegah semangat anda hilang, anda harus punya cara atau strategi pemasaran agar postingan anda terus mendapat traffic.

Untuk mendapatkan traffic ini layaknya berdagang, barang yang anda jual harus terlihat menarik dan punya kualitas yang baik. Namun jika anda menulis sesuatu hanya karena konten sedang populer atau sedang viral di internet ada kemungkinan anda akan tenggelam dalam mesin pencarian google, karena ditutupi oleh blog yang sudah lebih dahulu memiliki nama atau popularitas yang lebih baik.

Lalu bagaimana cara agar postingan anda dapat bersaing dan mendapat traffic yang bagus?
kalau anda berfikir hanya dengan menulis judul yang menarik akan berhasil, hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun anda perlu melakukan upaya terbaik agar berhasil. Berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam penulisan postingan anda.

1. Memilih Topik

Dalam menentukan topik akan ada dua hal yang berseberangan yang akan anda temui yaitu topik yang menarik bagi anda dan topik yang menarik bagi orang lain. Untuk tahap awal jika anda bertujuan untuk mempublikasikan blog anda, maka diperlukan menganalisa pasar dan memilih topik yang sedang menarik meskipun itu di luar jati diri anda.

Dapatkah anda memulai topik yang bukan keahlian anda? tentu saja anda bisa. Anda dapat menulis apapun yang anda mau. Namun ingatlah ini hanya untuk tahapan publikasi blog anda setelahnya akan tergantung dari kreativitas anda dalam menggerakkan blog mengarah kemana.

2. Pahami Niche Anda

Hal yang perlu anda pahami adalah setiap orang punya nichenya masing-masing, dan anda tidak dapat memaksakan semua orang menyukai niche anda. kemungkinan dengan hanya memiliki satu niche akan menyebabkan ruang lingkup pembaca yang lebih kecil. tapi jika anda mencari informasi mengenai beberapa blogger terbaik yang ada salah satunya adalah blog yang konsisten dengan satu niche. dengan kata lain tidak ada bukti bahwa dengan blog niche tidak dapat berkembang.

Luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan siapa target pembaca blog Anda dan kemudian analisa bagaimana populasi tersebut, apa yang mereka suka? apa yang tidak mereka suka? tetapi kenali diri anda, tentukan niche yang anda kuasai dan tulislah dengan percaya diri.

3. Judul Yang Benar

Jangan nilai buku dari covernya mungkin ada perbedaan pendapat terkait blog. Dalam hal ini judul yang anda buat secara tidak langsung menjadi covernya. Harus di akui seseorang akan mengklik postingan anda karena melihat judul yang memang membuat pembaca ingin tahu, jadi judul merupakan hal yang sangat penting.

Dalam praktek dilapangan banyak sekali seorang blogger menggunakan kata-kata menarik namun sebagian dari mereka tidak mendapatkan apa yang di inginkan. Ini karena judul postingan tidak di perhatikan atau di analisa terlebih dahulu. Kata kunci atau keyword adalah hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat judul postingan.

Seseorang pergi menjelajah ke internet karena mancari sesuatu yang ingin diketahui. nah ciptakanlah judul yang memang pantas untuk di klik dan dibaca. SEO buakn menjadi satu-satunya penentu judul yang terbaik, namun menjadi salah satu pemahaman yang harus anda ketahui untuk hasil yang lebih baik.

4. Selalu Edit

Setiap tulisan yang anda buat seperti anak tangga yang disusun semakin lama semakin meninggi, anda akan banyak belajar menjadi lebih baik dalam menulis, namun bukan berarti tulisan yang anda buat itu sempurna.

Kesalahan akan selalu ada maka penting bagi anda untuk mengedit. Ketika anda memposting sebuah  tulisan namun dengan begitu banyak kesalahan penulisan dan bahasa yang sulit dimengerti, hal tersebut akan menghantam blog anda dan menciptakan kesan yang buruk bagi pembaca.

Ketika anda berhasil memancing seorang pengunjung dengan judul postingan yang menarik namun di ciderai dengan isi atau penulisan yang buruk, maka anda sudah kehilangan kepercayaan seorang pembaca. Lebih baik anda menulis singkat namun mudah dimengerti dari pada anda menulis panjang dan berbelit dengan fokus yang malah mengacau.

5. Memberikan Gambar

Bahasa dapat yang tersampaikan dalam bentuk yang lebih singkat dalam bentuk gambar. Gambar akan mewakili isi dari konten yang anda buat, yang penting gambar yang di tampilkan sesuai dengan apa yang anda posting.

Gambar umumnya sepadan dengan risikonya. Pastikan Anda memiliki gambar yang bagus sebelum Anda menekan publikasikan. Gambar yang bagus tidak akan selalu menghasilkan keajaiban, tetapi biasanya akan membantu.


Terima kasih

Comments